Fakta Tentang Android yang Kamu Belum Tahu



Fakta Tentang Android yang Kamu belum Tahu - Saat ini hampir setiap orang didunia pasti kenal atau pernah mendengar tentang android, ya android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet.

Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler.

android


Saat ini android merupakan sistem operasi no 1 di ranah ponsel dunia yang sebelumnya di pegang oleh Symbian. Nah berikut adalah fakta-fakta menarik tentang android bisa jadi belum kamu ketahui.

Android tidak Diciptakan Oleh Google

Ya, Google bukanlah pembuat OS Android. Faktanya, Android dikembangkan oleh perusahaan Android Inc di Palo Alto, California. Perusahaan ini didirikan pada bulan Oktober 2003 oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Niat awalnya mengembangkan sebuah operating system untuk kamera digital. Namun, ketika sadar bahwa pasar kamera digital tidak cukup besar maka mereka beralih ke sistem operasi smartphone untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile (Apple iPhone belum dirilis pada saat itu). Pada tahun yang sama, Andy Rubin kehabisan uang. Pada 17 Agustus 2005, Google mengakuisisi Android Inc. Setelah proses akuisisi, Google tetap mempertahankan karyawan kunci dari Android Inc, termasuk Rubin, Miner dan White. Semenjak saat itulah Andorid berkembang pesat dan mengembangkan platform perangkat mobilenya.


Menggunakan Nama Makanan Penutup (dessert)

Nama OS Android menggunakan nama makanan penutup seperti :
- Astro Android (1.0)
- Bender (1.1)
- Cupcake (1.5)
- Donut (1.6),
- Eclair (2.0),
- Froyo (2.2.x)
- Gingerbread (2.3.x)
- Honeycomb (3.x)
- Ice Cream Sandwich (4.0.x) dan
- Jelly Bean (4.3)
- KitKat (4.4) OS terbaru

Nama OS Sesuai Dengan Urutan Alfabet, kalau gak percaya liat daftar yang di atas nah apa berikutnya... L?

Android adalah Open Source

OS Android adalah open source software dimana Google merilis kodenya di bawah Lisensi Apache. Android Open Source Project (AOSP) kode open source yang memungkinkan pengguna untuk memodifikasi dan mendistribusikan secara bebas. Android juga memiliki komunitas pengembang aplikasi (apps) yang semakin memperluas fungsionalitas perangkat. Inilah yang membuat Android berkembang jauh lebih pesat dibanding kompetitornya. Pada bulan Oktober 2012, ada sekitar 700.000 aplikasi yang tersedia untuk Android dan sekitar 25 juta aplikasi telah diunduh dari Google Play, toko aplikasi utama Android. Pada sebuah survey bulan April-Mei 2013 menemukan fakta baru bahwa Android adalah platform paling populer bagi para pengembang dan telah digunakan oleh 71% pengembang aplikasi seluler.

Ponsel Android Pertama adalah HTC Dream

HTC Dream adalah ponsel pertama yang menggunakan OS Android. Ponsel yang diproduksi oleh HTC ini menggunakan Android versi 1.0 yang dirilis pertama kali pada tanggal 23 September 2008. Sekarang Android telah beroperasi pada sekitar 109 ponsel yang berbeda, 80 tablet dan 6 eReaders yang banyak menggunakan sistem operasi ini jika dibandingkan dengan iPhone 5, iPod 4 dan iPad 3 yang berjalan di iOS .

Pengguna Laki-laki lebih banyak dari Perempuan

Secara demografis, pengguna Android di Amerika lebih banyak laki-laki daripada perempuan. Menurut data dari eMarketer yang dirilis pada Mei 2013, prosentasenya adalah laki-laki 31% sedangkan perempuan 26% . Pengguna terbanyak berusia muda yaitu 18-24 tahun sebesar 43% dan usia 25-34 sebesar 40%. Pengguna Android menggunakan ponsel mereka lebih dari sekedar SMS dan telepon. Sekitar 34% dari waktu mereka dihabiskan untuk cek email dan 21% bermain game.

Sistem Operasi Android dikembangkan dari Linux

Basic sistem operasi Android dikembangkan dari kernel Linux. Google telah membuat banyak sekali perubahan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pasar sehingga Android telah melampaui dasar asli dari kernel Linux. Dan tahukah kamu bahwa ketika pertama kali dikembangkan oleh Android Inc ada dua update yaitu 1.0 Astro dan 1.1 Bender.


Share this

Related Posts

close